«

»

May 21

Macam Macam Autofokus pada Kamera Smartphone !

Macam Macam Autofokus pada Kamera Smartphone

Kemampuan kamera pada smartphone kini menjadi salah satu faktor yang sangat penting untuk pertimbangan para pengguna sebelum membeli sebuah perangkat smartphone. Yups, masyarakat modern kini seakan tak bisa lepas dari aktifitas fotografi entah selfie, groovie maupun sekedar foto – foto untuk mengabadikan momen – momen yang dianggap penting.

Advertisement

Pada perkembanganya sendiri, peran kamera digital yang dulu sangat mendominasi sebagai alat untuk mengabadikan foto, kini mulai tergerus dan tergantikan dengan smartphone yang umumnya juga sudah dilengkapi dengan kamera mumpuni, bahkan ada yang mengklaim bahwa kualitas kamera smartphonenya setara dengan kamera DSLR.Macam Macam Autofokus pada Smartphone

Nah, mungkin sobat PonselPilihan.com banyak yang sudah mengetahui beberapa teknologi yang diterapkan pada kamera smartphone, salah satunya teknologi Autofokus yang kini juga semakin canggih. Buat sobat yang belum begitupaham apa itu teknologi Autofokus kamera smartphone, tetap stay tune disini ya untuk melihat ulasan lengkapnya mengenai Macam Macam Autofokus pada Smartphone, mulai dari Contras Autofokus, Phase Detection Autofokus, Laser Autofokus, Predictive Hybrid Autofokus dan teknologi Dual Pixel Autofokus. Untuk selengkapnya bisa dilihat dibawah ini :

1. Contras Autofokus

Autofokus pada Samsung Galaxy J5 Ponsel Pilihan

Hasil Kamera Samsung Galaxy J5 dengan fitur Autofokus

Teknologi kontras yang paling basic dan paling sederhana atau bisa dibilang teknologi Autofokus yang paling tua. Cara kerja dari Autofokus ini paling sederhana dan kinerja pengambilan fokusnya tidak terlalu cepat. Ketika cahaya diterima oleh lensa, lensa akan bergerak maju dan mundur sampai mendapatkan kontras yang paling tinggi dan menetapkannya sebagai titik fokus.

Meski begitu teknologi Autofokus jenis ini menjadi yang paling banyak digunakan, karena mengingat harga lensa kamera yang menggunakan teknologi ini cukup murah. Smartphone yang menggunakan teknologi ini umumnya smartphone kelas entry – level.

2. Phase Detection Autofokus

Phase Detection Autofokus pada Xiaomi Redmi 3 Ponsel Pilihan

Hasil Kamera Xiaomi Redmi 3 Pro dengan teknologi PDAF

Teknologi Autofokus selanjutnya pada kamera smartphone adalah Phase Detection Autofokus ( PDAF ) yang mampu menghasilkan fokus yang cepat dan tepat, tidak masalah objek yang difoto jarak dekat atau jauh ataupun di ruangan terbuka.

Sayangnya kamera yang menggunakan teknologi PDAF ini sangat sensitif dan mengandalkan cahaya, apabila digunakan ditempat minim cahaya kinerjanya cukup lambat dan hasil foto kamera akan kurang maksimal, karena cahaya yang diterima oleh image sensor lebih sedikit.

3. Laser Autofokus

Laser Autofokus pada Asus Zenfone 2 Laser Ponsel Pilihan

Hasil Kamera Asus Zenfone 2 Laser dengan teknologi Laser Autofokus

Teknologi selanjutnya yang yang digunakan pada kamera smartphone yaitu Laser Autofokus. Teknologi Autofokus ini bekeerja dengan menambakan sinar laser pada objek yang akan difoto sehingga kamera mampu menangkap gambar dengan sangat cepat.

Kamera dengan teknologi Laser Autofokus mampu menangkap fokus dengan sangat cepat dan tepat. Kinerja dari Laser Autofokus ini kebalikan dari PDAF, karena mampu bekerja secara maksimal ditempat minim cahaya sekalipun serta jarak fokus / objek yang dekat. Apabila digunakan ditempat dengan cahaya terang dan digunakan memotrek diluar ruangan dengan sudut pandang yang luas hasilnya justru akan kurang maksimal.

4. Hybrid Autofokus

Hybrid Autofokus pada Sony Xperia Z5 Ponsel Pilihan

Hasil kamera Sony Xperia Z5 dengan teknologi Hybrid Autofokus

Teknologi Laser Autofokus dan Phase Detection Autofokus memiliki kekuranganya masing -masing. Untuk mengatasi masalah ini diciptakanlah teknologi Hybrid Autofokus yang menjadi teknologi terbaru dengan menggabungkan dua teknologi fokus sekaligus yaitu Phase Detektion Autofokus dengan Contras Autofokus. Menggabungkan kedua fitur auto focus ini sangat bagus untuk mendapatkan fokus yang ideal dan memiliki respon fokus yang sangat cepat untuk objek foto yang bergerak cepat.

Dengan kata lain smartphone yang menggunakan teknologi ini akan memiliki kualitas kamera yang superior dimana mampu mengambil gambar dengan kualitas terbaik meski untuk mengambil gambar dalam keadaan bergerak.

Teknologi Hybrid Autofokus ini sudah digunakan pada smartphone seperti Sony Xperia Z5 Premium, Sony Xperia X, Xperia X Performance dan Xperia X Premium.

5. Dual Pixel Autofokus

Dual Pixels Autofokus pada Samsung Galaxy S7 Ponsel Pilihan

Hasil kamera Samsung Galaxy S7 dengan teknologi Dual pixel

Teknologi Aufokus paling canggih yang diterapkan pada kamera smartphone yaitu Dual Pixel Autofokus yang diterapkan pada smartphone flagship Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge. Teknologi autofokus ini merupakan pengembangan dari Phase Detection Autofokus cara dan prinsip kinerjanyapun juga sama.

Kinerja pada teknologi Dual Pixel Autofocus bisa lebih baik meski ditemapat minim cahaya karena 100% image sensor digunakan untuk menangkap cahaya, sekaligus untuk menentukan perbedaan antara cahaya dari kiri dan cahaya dari kanan. Ini berarti 20 kali lebih banyak cahaya bisa dideteksi sensor, dibandingkan dengan model PDAF biasa yang hanya menggunakan 5% image sensor untuk menangkap cahaya.

Dengan Dual Pixels Autofokus ini perpindahan fokus saat pengambilan gambar maupun video juga sangat cepat, sehingga akan meminimalisir gambar maupun video menjadi blur. Selain itu, teknologi Dual Pixel Autofokus ini juga bekerja sangat baik pada perekaman video.

Demikianlah informasi mengenai Macam Macam Teknologi Autofokus pada Kamera Smartphone yang dapat kami sampaikan. Kami berusaha memberikan informasi sedetail dan seakurat mungkin dari berbagai sumber yang terpercaya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk sobat PonselPilihan.com.

Advertisement

Apabila ada salah penulisan atau kata mohon memberikan kritik atau saran kepada kami demi sempurnanya artikel ini. Terima kasih telah berkunjung . Tunggu artikel menarik selanjutnya dan Jangan lupa share ya 🙂


REKOMENDASI

Leave a Reply